Citra, Emila (2014) Peningkatan Hasil Belajar Luas Jajar Genjang dan Segitiga dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri No. 02 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_EMILA_CITRA_1108368_2451_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_EMILA_CITRA_1108368_2451_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_EMILA_CITRA_1108368_2451_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar luas jajar genjang pada siswa kelas IV SDN No. 02 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman disebabkan karena pembelajaran berpusat pada guru (teacher center). Siswa kurang terlihat aktif selama proses pembelajaran dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran luas jajar genjang dan segitiga siswa kelas IV SDN No.02 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman.
Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamtan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 02 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, pencatatan lapangan dan tes.
Hasil penelitian siklus I perencanaan diperoleh hasil 76,5%, tahap pelaksanaan dari aspek guru diperoleh hasil 75% dari aspek siswa 75% dan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 68 dengan persentase ketuntasan 68%. Sedangkan pada siklus II, tahap perencanaan diperoleh hasil 78,5%, tahap pelaksanaan dari aspek guru 86%, dari aspek siswa 80%, dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 82,1 dengan persentase ketuntasan 100%. Jadi dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas IV SDN 02 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. i
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CTL, kontekstual, matematika, jajar genjang, segitiga, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:36 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20635 |