Harfiningsih, Emi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Jaring-Jaring Kubus dan Balok Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 07 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_EMI_HARFININGSIH_01382_2119_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_EMI_HARFININGSIH_01382_2119_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_EMI_HARFININGSIH_01382_2119_2013.pdf
Download (344kB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh penggunaan strategi pembelajaran yang masih berpusat kepada guru dan dalam pembelajaran siswa kurang diberikan kesempatan untuk aktif menemukan sendiri konsep materi yang diajarkan. Akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar jaring jaring kubus dan balok menggunakan strategi pembelajaran inkuiri di kelas IV SD Negeri 07 Indarung.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 07 Indarung dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Alur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil penilaian perencanaan siklus I 83,33 dan siklus II 95,83, aktivitas guru siklus I 80,83 dan siklus II 95,00, aktivitas siswa siklus I 76,67 dan siklus II 91,67. Hasil belajar siswa siklus I mencapai nilai rata rata kelas 79,13 dengan persentase ketuntasan belajar 66,67% dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 87,82 dengan persentase ketuntasan belajar 91,67% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran jaring-jaring kubus dan balok menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 07 Indarung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, inkuiri, refleksi, tes, siklus, kubus, balok, matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:36 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20632 |