Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Koperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SDN 18 Alang Lawas Kota Padang

Hanifah, Emi (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Koperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SDN 18 Alang Lawas Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_EMI_HANIFAH_50635_6196_2014.pdf] Text
final_B1_6_EMI_HANIFAH_50635_6196_2014.pdf

Download (719kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengalaman yang peneliti alami dikelas sendiri sebagai guru kelas, guru belum membiasakan pembelajaran secara kooperatif, akibatnya pembelajaran yang disampaikan guru kurang menarik dan tidak serius dalam mengikuti proses pembelajaran dan hasil belajar siswa rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn diadakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanakan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan koperatif tipe jigsaw siswa kelas V SDN 18 Alang Lawas kota padang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2012/2013 di SD Negeri 18 Alang Lawas kota padang dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD terteliti. Data penelitian ini diperoleh melalui pengamatan, dokumentasi dan hasil tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan pendekatan koperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SD Negeri 18 Alang Lawas. Hal ini terlihat pada: a) perencanaan dalam siklus I memperoleh persentase 73,21% meningkat menjadi 89,28% pada siklus II, b) pelaksanaan pembelajaran Pkn dari aspek guru meningkat dari 71,42% pada siklus I menjadi 92,85% pada siklus II, pada aspek siswa meningkat dari 66,07% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II, dan c) hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pkn mengalami peningkatan dari 69,87 dengan persentase ketuntasan 17,64% pada siklus I menjadi 85,05 dengan persentase ketuntasan 100% pada siklus II. Dengan demikian, terbuktilah bahwa penggunaan pendekatan koperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKn dikelas V SDN 18 Alang Lawas Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, kooperatif, jigsaw, hasil, belajar, siswa, guru, kelas, tindakan, perencanaan, pelaksanaan, refleksi, observasi, dokumentasi, tes, siklus, peningkatan, PKn, pendekatan, evaluasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 08 Aug 2025 08:35
Last Modified: 08 Aug 2025 08:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20624

Actions (login required)

View Item
View Item