Astria, Vina (2015) Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Kotak Cerdas di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Sigiran Kecamatan Tanjung Raya Maninjau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_VINA_ASTRIA_1209642_5161_2015.pdf [thumbnail of final_B1_7_VINA_ASTRIA_1209642_5161_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_VINA_ASTRIA_1209642_5161_2015.pdf
Download (701kB)
Abstract
Kemampuan berhitung pada anak masih rendah, hal ini karena rendahnya kemampuan anak dalam menyebut urutan bilangan, rendahnya kemampuan anak dalam berhitung dengan benda-benda, rendahnya kemampuan anak dalam menunjuk lambing bilangan, serta media yang digunakan kurang bervariasi. Untuk itu perlu suatu bentuk permainan kotak cerdas dalam dalam meningkatkan kemampuan berhitung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam berhitung melalui permainan kotak cerdas di Taman Kanak Kanak Aisyiyah Kecamatan Tanjung Raya Maninjau. Manfaat penelitan bagi anak untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka dalam berhitung. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Sigiran Kecamatan Tanjung Raya kelompok B2 dengan jumlah anak dua belas orang anak, lima orang laki-laki dan tujuh orang perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi dan selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan.
Hasil penelitian pada kondisi awal rendahnya kemampuan berhitung pada anak, lebih meningkat serta menunjukkan hasil yang positif pada siklus I empat puluh satu persen, namun hasil pada siklus I belum mencapai KKM, dan mengalami kenaikan pada akhir siklus II delapan puluh tiga persen, sehingga kemampuan berhitung pada anak meningkat sesuai dengan yang diharapkan.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa terjadinya peningkatan kemampuan berhitung pada anak melalui permainan kotak cerdas, sebelum tindakan kemampuan berhitung pada anak masih rendah, setelah tindakan mengalami peningkatan, maka permainan kotak cerdas telah berhasil meningkatkan kemampuan berhitung pada anak
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan kreatif,Kecerdasan logis matematis,Strategi mendidik anak,Statistik pendidikan,Manajemen PAUD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:34 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 08:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20618 |