Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Strategi Inkuiri pada Pembelajaran IPS di kelas V SDN 16 Timbalun Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang

Wenni, Apfitri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Strategi Inkuiri pada Pembelajaran IPS di kelas V SDN 16 Timbalun Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_APFITRI_WENNI_11933_3633_2016.pdf] Text
final_B1_6_APFITRI_WENNI_11933_3633_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa yang dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru tidak memulai pembelajaran dengan memberikan sebuah permasalahan kepada siswa untuk dianalisis dan dirumuskan solusi serta pemecahannya. Akibatnya pembelajaran menjadi kurang bermakna bagi siswa dan ketuntasan belajar tidak mencapai KKM yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS dengan strategi inkuiri di kelas V SD . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 33 orang yang terdiri 17 murid laki-laki dan 16 orang murid perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2013/2014. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil tes. Data dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) perencanaan pada siklus I memperoleh nilai 74,99% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 82,14% dengan kualifikasi sangat baik, b) pelaksanaan pembelajaran dari aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 72,5% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kualifikasi sangat baik, pada aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata dengan nilai persentase 67,5% dengan kualifikasi cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 82,5% dengan kualifikasi sangat baik, c) hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata kelas 69,24 dengan kualifikasi cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 80,06 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran IPS dengan strategi inkuri dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 16 Timbalun Kecamatan Bungus TL Kabung Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Strategi Inkuiri, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 08 Aug 2025 08:34
Last Modified: 08 Aug 2025 08:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20616

Actions (login required)

View Item
View Item