Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan Komponen-komponen Rancangan Pembelajaran Quantum Teaching Siswa Kelas V SD Negeri 58 Batu Hampar Kec.Lubuk Basung - Agam

Satriani, Anri Mira (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan Komponen-komponen Rancangan Pembelajaran Quantum Teaching Siswa Kelas V SD Negeri 58 Batu Hampar Kec.Lubuk Basung - Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ANRI_MIRA_SATRIANI_52451_1761_2013.pdf] Text
final_B1_6_ANRI_MIRA_SATRIANI_52451_1761_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi Berdasarkan pengamatan peneliti ditemukan hasil belajar siswa rendah. Disini peneliti menggunakan komponen-komponen rancangan pembelajaran Quantum Teaching. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan komponen-komponen rancangan pembelajaran Quantum Teaching di kelas V SD Negeri 58 Batu Hampar Kec.Lubuk Basung - Agam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari II siklus 4 kali pertemuan dengan empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran dengan komponen-komponen rancangan pembelajaran Quantum Teaching di kelas V SD Negeri 58 Batu Hampar Kec.Lubuk Basung – Agam. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 11 orang. Hasil penelitian menunjukan siklus I pertemuan I dan II bahwa dari penilaian RPP diperoleh skor nilai 71 dan 78, dari aspek guru diperoleh skor 63,5 dan 71, dari aspek siswa diperoleh skor 50 dan 67, hasil belajar siswa diperoleh nilsi kognitif adalah 67 dan 74, nilai afektifnya 56 dan 75, sedangkan nilai psikomotornya adalah 59 dan 63. Sedangkan pada siklus II dari penilaian RPP diperoleh skor nilai 93 dan 96, dari aspek guru diperoleh skor 83 dan 92, dari aspek siswa diperoleh skor 79 dan 87, hasil belajar siswa diperoleh nilsi kognitif adalah 81 dan 86, nilai afektifnya 89 dan 95, sedangkan nilai psikomotornya adalah 76 dan 86, terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian terungkap bahwa penggunaan komponen-komponen rancangan pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri 58 Batu Hampar Kec.Lubuk Basung – Agam

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar PKn, Quantum Teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 08 Aug 2025 08:33
Last Modified: 08 Aug 2025 08:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20614

Actions (login required)

View Item
View Item