Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN 14 VII Koto Kecamatan VII Koto Sungai Sarik

Fajri, Annur Jeli (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN 14 VII Koto Kecamatan VII Koto Sungai Sarik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ANNUR_JELI_FAJRI_93535_874_2012.pdf] Text
final_B1_6_ANNUR_JELI_FAJRI_93535_874_2012.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 14 VII Koto Kecamatan VII Sungai Sarik, bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru, hal ini mengakibatkan seringkali siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran, siswa kurang berani dalam mengemukakan pendapat saat belajar, siswa kurang memiliki tanggung jawab penuh terhadap tugas yang diberikan guru, serta masih kurangnya kerjasama antarsiswa dalam pembelajaran. Sehingga hasil belajar PKn siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui pendekatan kooperatif tipe Jigsaw. Pendekatan kooperatif tipe Jigsaw merupakan pendekatan pembelajaran dimana terdapat kelompok asal dan kelompok ahli, yang anggotanya bekerjasama, serta saling berkomunikasi, aktif dan berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Perencanaan pembelajaran pembelajaran diwujudkan dalam bentuk RPP berdasarkan langkah-langkah pendekatan kooperatif tipe Jigsaw, menyediakan lembar penilaian RPP, lembar observasi baik untuk kegiatan guru dan kegiatan siswa. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan melalui pendekatan kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN 14 VII Koto Kecamatan VII Koto Sungai Sarik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus 4 kali pertemuan, secara kolaboratif antara peneliti(praktisi) dan guru(observer). Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran PKn, Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD terteliti. Prosedur penelitian ada empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Hasil analisis terhadap perencanaan pembelajaran siklus I adalah 85,42, mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan 97,92. Hasil pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran kegiatan guru siklus I diperoleh 73,75, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 97,5. Hasil pengamatan terhadap pelaksanaan kegiatan siswa siklus I diperoleh 72,5, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 97,5. Hasil belajar sebelum melaksanakan penelitian rata-rata diperoleh 59,4. Hasil penilaian penelitian terdapat hasil belajar PKn siswa pada siklus I rata-rata yang diperoleh 59,46. Pada siklus II rata-rata adalah 86,74. Jadi hasil belajar PKn dari sebelum melaksanakan penelitian, sampai siklus I ke siklus II sudah terlihat meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran PKn melalui pendekatan kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, PKn, Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 08 Aug 2025 08:33
Last Modified: 08 Aug 2025 08:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20613

Actions (login required)

View Item
View Item