Holila, Anni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Penyebut Berbeda Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ANNI_HOLILA_58413_4121_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ANNI_HOLILA_58413_4121_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ANNI_HOLILA_58413_4121_2012.pdf
Download (322kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan di lapangan bahwa proses pembelajaran penjumlahan pecahan penyebut berbeda, guru belum mengaitkan pembelajaran dekat dengan kehidupan dunia nyata siswa, hal ini terjadi karena dalam pembelajaran penjumlahan penyebut berbeda guru dominan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan dilanjutkan dengan PR serta guru lebih memperhatikan penguasaan materi semata (mengejar kurikulum) sehingga hasil belajarnya rendah. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran penjumlahan penyebut berbeda dilakukan PTK dengan menggunakan pendekatan Realistik Mathematics Education. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan didukung oleh data kuantitatif berupa hasil belajar siswa. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi, dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran penjumlahan penyebut berbeda dengan pendekatan Realistik Mathematics Education pada siswa kelas IV SDN 20 Pasaman. Subjek penelitian adalah guru (observer), peneliti, dan siswa kelas IV SDN 20 Pasaman yang berjumlah 30 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dari hasil observasi aktivitas siswa dari 56,25 % siklus I pertemuan I menjadi 68,75 % siklus I pertemuan II , dan 87,5 % pada siklus II. Sementara hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I pertemuan I 66 % dan pada siklus I pertemuan II 74, 6 %, dan pada siklus II 85 %. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Realistik Mathematics Education dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran penjumlahan pecahan penyebut berbeda di kelas IV SDN 20 Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:23 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 02:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20585 |