Pengaruh Disiplin Belajar dan Komunikasi Interpersonal Keluarga terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang.

Joni, Joni (2013) Pengaruh Disiplin Belajar dan Komunikasi Interpersonal Keluarga terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_JONI_88640_1924_2013.pdf] Text
B1_5_JONI_88640_1924_2013.pdf

Download (691kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh Disiplin belajar
terhadap hasil belajar, (2) Pengaruh Komunikasi interpersonal keluarga terhadap
hasil belajar, (3) Pengaruh disiplin belajar dan komunikasi interpersonal keluarga
terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif asosiatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang yang terdaftar
pada tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 315 orang. Teknik pengambilan
sampel dilakukan secara proportional random sampling dengan jumlah sampel 76
orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Untuk menguji hipotesis digunakan Uji F dan Uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang
signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 13 Padang
dengan nilai sig. 0,001 < α = 0,05 yang membuktikan bahwa hipotesis diterima,
(2) terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal keluarga terhadap
hasil belajar siswa SMP Negeri 13 Padang dengan nilai sig. 0,002 < α = 0,05 yang
membuktikan bahwa hipotesis diterima, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan
disiplin belajar dan komunikasi interpersonal keluarga terhadap hasil belajar IPS
siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang dengan nilai sig. 0,000 < α = 0,05 yang
membuktikan bahwa hipotesis diterima.
Berdasarkan hasil penelitian, untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa
kelas VII SMP Negeri 13 Padang diharapkan kepada siswa untuk menataatii
aturan dalam kegiatan belajar, orang tua meluangkan waktu untuk membicarakan
kegiatan belajar anak dirumah agar lebih bisa meningkatkan hasil belajar anak.
Bagi penelitian selanjutnya hendaknya memperbanyak jumlah sampel dan
menambahkan variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI INTERPESONAL KELURGA
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 07 Aug 2025 08:05
Last Modified: 07 Aug 2025 08:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20571

Actions (login required)

View Item
View Item