Munir, Anita Mery (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas IV SD Negeri 21 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ANITA_MERY_MUNIR_09443_3243_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_ANITA_MERY_MUNIR_09443_3243_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ANITA_MERY_MUNIR_09443_3243_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran: (1) Guru dominan menggunakan metode ceramah.(2) Kurang melibatkan siswa untuk lebih mandiri dalam kelompok. (3) Kurang mengembangkan potensi siswa. (4) kurang memberi kesempatan pada siswa untuk berintegrasi dengan siswa lain dalam kelompok. Salah satu model pembelajaran yang penulis anggap mampu untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 21 Bandar Buat Lubuk Kilangan Kota Padang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan reflleksi. Data penelitian diperoleh dari proses pelaksanaan tindakan melalui pengamatan, hasil tes dan diskusi . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 21 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang, yang berjumlah 16 orang siswa, 11 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan dan peneliti. Hasil penelitian yang dilaksanakan adalah, RPP siklus I Pertemuan I 71,43%, meningkat di siklus I pertemuan II 85, 71%, meningkat di siklus II menjadi 96,42 %, dari pelaksanaan aspek guru siklus I pertemuan I 67%, pertemuan II 77,78 %, meningkat di siklus II menjadi 94,44%. Pelaksanaan aspek siswa siklus I pertemuan I 64%, pertemuan II 75% , meningkat di siklus II menjadi 97,22%. Hasil belajar siswa kognitif, afektif, psikomotor siklus I pertemuan I 66% dengan kualifikasi kurang (K), pertemuan II 72%, dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 87,50% dengan kualifikasi sangat baik (SB), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, dengan pembelajaran model Cooperatitive Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 21 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 08:35 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 08:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20558 |