Irliza, Ayu (2012) Peningkatan Keterampilan Siswa dalam Pembelajaran Meronce melalui Metode Demonstrasi di Kelas V SDN 14 Pincuran VII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AYU_IRLIZA_83265_2297_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_AYU_IRLIZA_83265_2297_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AYU_IRLIZA_83265_2297_2012.pdf
Download (220kB)
Abstract
Penelitian ini diawali dari hasil observasi yang dilakukan terhadap siswa kelas V SDN 14 Pincuran VII. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa keterampilan meronce siswa masih rendah. Hal ini disebabkan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran masih kurang tepat. Pengunaan metode demonstrasi merupakan salah satu cara untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran meronce. Pembelajaran meronce dengan metode demonstrasi ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif dan keterampilan siswa. Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian menunjukkan peningkatan terhadap pengamatan RPP dari 79 pada siklus I menjadi 90 pada siklus II. Pengamatan terhadap aspek guru meningkat dari 78 pada siklus I menjadi 90 pada siklus II dan aspek siswa meningkat dari 66 pada siklus I menjadi 86 pada siklus II. Perolehan nilai rata-rata siswa meningkat dari 72.7 pada siklus I menjadi 81.2 pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran meronce di kelas V SDN 14 Pincuran VII.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan, Pembelajaran Meronce, Metode Demonstrasi |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 08:31 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 08:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20550 |