Anili, Anili (2016) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas IV SDN 17 Sungai Geringging Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ANILI_1209556_2457_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_ANILI_1209556_2457_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ANILI_1209556_2457_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru belum optimal membimbing siswa saat pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan model Discovery Learning dalam pembelajaran tematik terpadu siswa kelas IV SDN 17 Sungai Geringging Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dimana peneliti melakukan kolaborasi dengan guru kelas dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV berjumlah 15 orang, terdiri dari 7 orang perempuan dan 8 orang lakilaki. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan dari siklus I ke siklus II pada masing- masing aspek yaitu: 1) RPP siklus I diperoleh persentase keberhasilan 68% dengan kualifikasi cukup, meningkat menjadi 88,8% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II, 2) aktifitas guru siklus I yaitu 66,66% dengan kualifikasi cukup, meningkat menjadi 91,66% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II, dan 3) aktifitas siswa siklus I 66,66% dengan kualifikasi cukup, meningkat menjadi 87,5 % dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 17 Sungai Geringging Kab Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca, Pemahaman, Model Discovery Learning, Pembelajaran Tematik Terpadu |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:25 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20521 |