Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar dengan Pendekatan Matematika Realistik di kelas IV SD Negeri 18 Pudung Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam.

Novid, Anhar Elvias (2012) Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar dengan Pendekatan Matematika Realistik di kelas IV SD Negeri 18 Pudung Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ANHAR ELVIAS NOVID_95204.pdf] Text
final_B1_6_ANHAR ELVIAS NOVID_95204.pdf

Download (242kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari refleksi peneliti terhadap pembelajaran yang dilakukan menunjukkan siswa kesulitan dalam pembelajaran menghitung luas bangun datar. Pembelajaran yang berlangsung terpusat pada guru, sehingga siswa menjadi pasif dan hasil belajarnya rendah. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Pendekatan matematika realistik menekankan keterampilan proses dalam menyelesaikan permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar luas bangun datar di kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan disertai observasi, dan refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil observasi dan pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Hasil belajar siklus I pertemuan 1 diketahui persentase nilai kognitif 64%, afektif 58% dan psikomotor 57%. Pada siklus I pertemuan 2 diketahui persentase nilai kognitif siklus I adalah 69%, afektif 65% dan psikomotor 63%. Dari analisis penelitian siklus II pertemuan 1 dapat diketahui persentase nilai kognitif adalah 85%, afektif 84% dan psikomotor 82%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 2 dapat diketahui persentase nilai kognitif adalah 86%, afektif 84% dan psikomotor 83%. Dengan demikian penggunaan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar luas bangun datar sisws kelas IV SD Negeri 18 Pudung Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Luas Bangun Datar, Pendekatan Matematika Realistik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:25
Last Modified: 06 Aug 2025 07:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20520

Actions (login required)

View Item
View Item