Prasetyo, Eko Irwan (2018) Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian DI Mifan Cottage Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_EKO_IRWAN_PRASETYO_14135060_4768_2018.pdf [thumbnail of B1_04_EKO_IRWAN_PRASETYO_14135060_4768_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_EKO_IRWAN_PRASETYO_14135060_4768_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini berasal dari keingintahuan penulis tentang penjualan penginapan di mifan waterpark, karena tidak ada bentuk promosi yang penulis lihat tentang penginapan di mifan cottage. Tujuan dari penulisan ini ialah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian di mifan cottage.
Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk deskriptif kuantitatif dengan metode asosiatif kausal yang bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh promosi (X) terhadap keputusan pembelian (Y) yang dideskripsikan dalam bentuk angka. Populasi penelitian ini adalah tamu yang pernah atau sedang menginap Mifan Cottage, Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel insidental, sampel insidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner(angket) Selanjutnya data dianalisis melalui analisis koefisien kolerasi, analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan Program Komputer SPSS versi 16.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)promosi berada pada kategori baik (47%), (2) Keputusan pembelian berada pada kategori baik (63%), (3) hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh Fhitung 13.566 dengan sig. 0,000. Artinya dengan signifikan 0,000< 0,05 maka variabel X dapat menjelaskan variabel Y secara signifikan. Jadi variabel promosi mempengaruhi variabel keputusan pembelian. Selanjutnya dengan R square sebesar 0,135, artinya pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 13,5%, sedangkan 86,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PROMOSI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:48 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20507 |