Betrina, Betrina (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPА dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SD Negeri 48 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_BETRINA_95565_3238_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_BETRINA_95565_3238_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_BETRINA_95565_3238_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh permasalahan pada pembelajaran IPA dimana guru belum mampu menciptakan agar siswa dapat berfikir kritis,berperan aktif dalam proses pembelajaran. Permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan perencanaan pembelajaran,pelaksanaan pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan Pendekatan Keterampilan proses Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Terdiri dari dua siklus dengan instrumen penelitian lembar observasi dan lembar tes. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 48 payakumbuh sebanyak 20 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pada: (a) RPP pada siklus I nilainya 86% (B) meningkat pada siklus II menjadi 96% (SB), (b) Pelaksanaan siklus I aspek guru nilainya 82% (B) meningkat pada siklus II menjadi 92 (SB), pelaksanaan siklus I aspek siswa nilainya 82% (B) meningkat pada siklus II menjadi 92% (SB), (c) Hasil belajar siswa siklus I nilainya 70 (C) meningkat pada siklus II menjadi 83 (B). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa dlama pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 48 payakumbuh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPА, Pendekatan Keterampilan Proses |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:47 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20497 |