Anaroza, Vivi (2014) Peningkatan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Pohon Angka di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Koto Merapak Kecamatan Sutera. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_VIVI_ANAROZA_1110618_4127_2014 disini.pdf [thumbnail of final_B1_7_VIVI_ANAROZA_1110618_4127_2014 disini.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_VIVI_ANAROZA_1110618_4127_2014 disini.pdf
Download (308kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan Berhitung anak dalam menyebutkan Angka 1 – 10, mengurutkan angka 1 – 10, mencocokkan jumlah benda dengan simbol angka yang melambangkannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui Permainan Pohon Angka. Manfaat dari Penelitian ini adalah Anak dapat mengenal Angka dan meningkatkan kemampuan berhitung anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Koto Merapak. Subjek penelitian adalah kelompok B di di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Koto. Merapak tahun 2013/2014 sebanyak 20 oarang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Teknik pengumpulan data digunakan adalah dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase dengan tabel distribusi prekuensi. Hasil penelitian menunujukan bahwa rata-rata persentase peningkatan kemampuan berhitung anak sebelum tindakan masih rendah. Pada siklus I pencapaian nilai rata-rata peningkatan kemampuan berhitung anak meningkat tapi belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Sedangkan pada siklus II peningkatan kemampuan berhitung anak meningkat dan mencapai rata-rata tingkat keberhasilan melebihi kriteria ketuntasan minimum yang telah ditetapkan. Hal ini menunjukan bahwa melalui Pohon Angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Koto Merapak Kecamatan Sutera.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berhitung anak,Pohon Angka,Distribusi frekuensi, Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:01 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20485 |