Yeni, Betri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Teknik Mind Map di Kelas IV SDN 03 Sungai Angek Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_BETRI_YENI_95246_3484_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_BETRI_YENI_95246_3484_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_BETRI_YENI_95246_3484_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di sekolah bahwa guru belum menempatkan siswa sebagai subjek belajar, siswa hanya menerima apa yang disampaikan guru tanpa berusaha untuk menemukan jawaban dari permasalahan yang ada. Dalam penyampain materi guru belum terbiasa memetakan pikiran siswa untuk biasa mengisi otak kanan dan otak kiri siswa dengan baik untuk membuat pembebelajaran menjadi lebih menyenangkan bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS dengan teknik Mind Map di kelas IV SD Negeri 03 Sungai Angek Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus . Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan tes akhir. Sumber data penelitian adalah proses kegiatan pembelajaran IPS dengan teknik Mind Map pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Sungai Angek. Subjek penelitian adalah guru /peneliti dan siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan rata-rata pada: a) RPP siklus I yaitu 75% dan meningkat menjadi 86% pada siklus II. b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I 69% dan meningkat menjadi 93% pada siklus II,pelaksanaan pada aspek siswa siklus I diperoleh persentase 71,5%, dan meningkat menjadi 90% pada siklus II. c) hasil belajar siklus I diperoleh rata-rata 74 dan pada siklus II meningkat menjadi 86. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan teknik Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Teknik Mind Map |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:01 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20476 |