Dewi, Bertita Alika (2021) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot sebagai Alat Evaluasi pada Kegiatan Penutup Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Kauman Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_BERTITA_ALIKA_DEWI_17129302_4468_2021.pdf [thumbnail of final_B1_6_BERTITA_ALIKA_DEWI_17129302_4468_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_BERTITA_ALIKA_DEWI_17129302_4468_2021.pdf
Download (3MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah hasil pengamatan terhadap guru yang belum maksimal dalam melaksanakan evaluasi pada kegiatan penutup pembelajaran. Siswa kurang memahami pokok-pokok materi pelajaran yang sudah dipelajari. Hal ini menyebabkan rendahnya nilai hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi kahoot sebagai alat evaluasi pada kegiatan penutup pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Kauman Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi- experimental design). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Non- equivalent Control Group Design dengan kelompok kontrol yang tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SD yang berada di Gugus Seroja Kota Padang Panjang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel berjumlah 32 orang yang terdiri dari dua kelas. Satu kelas dijadikan kelompok kontrol dan satu kelas kelompok eksperimen, yang masing-masing berjumlah 16 orang. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian statistik inferensial menggunakan statistik uji t, dengan taraf signifikansi 5% (=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kelas kontrol memperoleh rata-rata pretest 28,75 dan posttest 65,83 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 53,67% atau 54%. Sedangkan kelas eksperimen memperoleh ratarata pretest 27,92 dan posttest 77,92 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 70,39% atau 70%. Kedua, H1 diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan aplikasi kahoot sebagai alat evaluasi pada kegiatan penutup pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil statistik uji t diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (= 0,05) yaitu 0,017 < 0,05 dan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,530 > 2,0422. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi kahoot sebagai alat evaluasi pada kegiatan penutup pembelajaran matematika berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Kauman Padang Panjang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kahoot, Evaluasi, Matematika, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:59 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20467 |