Sunifa, Betsyi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Kooperatif Learning Tipe Team Games Tournament (TGT)di Kelas IV SD Negeri 14 ATTS Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_BETSYI SUNIFA_09320_5045_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_BETSYI SUNIFA_09320_5045_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_BETSYI SUNIFA_09320_5045_2012.pdf
Download (760kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dijumpai guru dalam pembelajaran IPS di SDN 14 ATTS Kota Bukittinggi, selama ini guru dalam pembelajaran IPS masih cenderung bersifat ekspositoris dan guru sentris, kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, sering memberikan hafalan materi. Penilaian yang selalu berbentuk kognitif dan kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat dalam memecahkan masalah pada pembelajaan tersebut.. Hal di atas memyebabkan hasil belajar siswa tidak memuaskan. Untuk itu peneliti mencoba memperbaiki pembelajaran IPS dengan menggunakan kooperatif learning tipe TGT, karena pendekatan ini membuat siswa menjadi aktif dan kreatif serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom actian research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuntitatif yang dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPS tentang masalah sosial didaerahnya di kelas IV SDN 14 ATTS Kota Bukittinggi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD sebanyak 30 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari 66 pada siklus I menjadi 84 pada siklus II. Penyusunan RPP meningkat dari 71 pada siklus I menjadi 89 pada siklus II. Pelaksanaan kegiatan guru dan siswa juga meningkat dari 65 dan 71 pada siklus I menjadi 77 dan 94 pada siklus II. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kooperatif learning tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 14 ATTS Kota Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Kooperatif Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:58 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20464 |