Sidabutar, Bernadetta (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SD Teresia Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_BERNADETTA SIDABUTAR_50685_2333_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_BERNADETTA SIDABUTAR_50685_2333_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_BERNADETTA SIDABUTAR_50685_2333_2012.pdf
Download (773kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelajaran IPA yang selama ini masih berpusat kepada guru, dimana guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi saja. Akibatnya siswa pasif dan yang dominan adalah guru. Disamping itu standar ketuntasan dalam pembelajaran IPA yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan IPA melalui metode eksperimen yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) penilaian pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPA melalui metode eksperimen di kelas IV SD Teresia Kecamatan Padang Barat. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Teresia Kecamatan Padang Barat yang berjumlah 32 orang, dan yang terlihat dalam penelitian adalah penulis dan dua orang obsever. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kuantitatif. Hasil secara kualitatif secara bertahap mencapai kategori baik pada akhir siklus 2, sedangkan hasil berupa kualitatif nilai rata-rata pembelajaran siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 66 dengan persentase ketuntasan 37,4% dan pertemuan 2 yaitu 76 dengan persentase ketuntasan 78%. Pada siklus II pertemuan 1 hasil nilai rata-rata pembelajaran siswa adalah 83 dengan persentase ketuntasan 94%, sementara pada pertemuan 2 adalah 86 dengan persentase ketuntasan 97%. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Metode Eksperimen |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 01:54 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 01:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20449 |