Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Teknik Mind Mapping di Kelas V SDN 13 Lembah Melintang Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat

Elvia, Benti (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Teknik Mind Mapping di Kelas V SDN 13 Lembah Melintang Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_BENTI_ELVIA_58370_361_2013.pdf] Text
final_B1_6_BENTI_ELVIA_58370_361_2013.pdf

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan di lapangan bahwa pembelajaran IPS yang dilaksanakan oleh guru masih dominan menggunakan metode ceramah, dan tidak memperhatikan peningkatan seluruh aspek sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan teknik Mind Mapping yang menjadikan siswa aktif dan kreatif dalam pembelajaran dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran IPS sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V. Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang di peroleh dari hasil pengamatan dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan teknik Mind Mapping dengan dua siklus menunjukkan adanya peningkatan. Rata-rata penilaian rancangan pembelajaran siklus I adalah 75% (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 94.6% (sangat baik). Penilaian pelaksanaan aspek guru siklus I adalah 76.3%(baik) meningkat pada siklus II menjadi 88.8% (sangat baik), dan aspek siswa siklus I adalah 73.8% (baik) meningkat pada siklus II menjadi 93.8% (sangat baik). Serta hasil belajar siswa pada siklus I adalah 71.4 (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 83.7(baik). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa teknik Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di Kelas V SDN 13 Lembah Melintang Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Teknik Mind Mapping
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:53
Last Modified: 06 Aug 2025 01:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20444

Actions (login required)

View Item
View Item