Pengaruh Permainan Jelajah Gambar terhadap Kemampuan Berbahasa Anak di Taman Kanak-Kanak Al Hidayah Baso Kabupaten Agam

Fimala, Risya (2015) Pengaruh Permainan Jelajah Gambar terhadap Kemampuan Berbahasa Anak di Taman Kanak-Kanak Al Hidayah Baso Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_RISYA_FIMALA_1105752_140_2015 MSL.pdf] Text
final_B1_7_RISYA_FIMALA_1105752_140_2015 MSL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-kanak Al Hidayah, bahwa selama ini guru menggunakan media majalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan jelajah gambar terhadap kemampuan berbahasa anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quashi eksperimen. Populasi penelitian adalah TK Al Hidayah Baso Kabupaten Agam, berjumlah 78 orang anak terbagi dalam 4 kelompok belajar dan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling yaitu kelompok B1 dan kelompok B2 masing-masingnya berjumlah 20 orang anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, yang berisi item-item pernyataan yang telah disusun secara sistematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah membandingkan perbedaan dari dua rata-rata nilai sehingga dilakukan dengan uji t (t-tes).
Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan permainan jelajah gambar adalah 90,5, dengan standar deviasi yang diperoleh 6,3. Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan majalah adalah 80,4 dengan standar deviasi yang diperoleh 6,04. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung 5,024 sedangkan ttabel pada taraf kepercayaan α 0,05 dan dk 38 adalah 2,024, sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan jelajah gambar berpengaruh terhadap kemampuan berbahasa anak di TK Al Hidayah Baso Kabupaten Agam

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan jelajah gambar, kemampuan berbahasa anak, pendekatan kuantitatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 05 Aug 2025 08:17
Last Modified: 05 Aug 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20420

Actions (login required)

View Item
View Item