Pelaksanaan Pembelajaran Berhitung Anak di Taman Kanak-kanak Kartika 1.61 Padang

Mikela, Rista (2012) Pelaksanaan Pembelajaran Berhitung Anak di Taman Kanak-kanak Kartika 1.61 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_RISTA_MIKELA_04357_5347_2012.pdf] Text
final_B1_7_RISTA_MIKELA_04357_5347_2012.pdf

Download (869kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berhitung anak dalam kegiatan pembelajaran masih rendah seperti anak hanya mengetahui angkanya saja tetapi tidak mengetahui lambang angkanya, sehingga hasil belajar anak yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran atau informasi tentang pembelajaran berhitung anak di Taman Kanak-kanak Kartika 1.61 Padang. Dengan demikian pokok masalah pada penelitian ini adalah gambaran pengenalan konsep angka dan bilangan, penjumlahan, dan pengurangan di Taman Kanak-kanak Kartika 1.61 Padang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Kartika 1.61 Padang. Untuk itu peneliti bertindak sebagai instrument utama dalam pengumpulan data, guru dan anak kelas B1 bertindak sebagai informan dalam penelitian ini. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data, klasifikasi data, interpretasi dan terakhir pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan deskripsi dan analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berhitung seperti pengenalan konsep angka dan bilangan, penjumlahan dan pengurangan pada umumnya sudah sesuai dengan fungsi pembelajaran berhitung, yakni mengenalkan angka kepada anak tidak hanya sekedar menyebutkannya saja, tetapi juga menunjukkan simbol angkanya. Namun metode dan media yang digunakan guru ternyata kurang bervariasi dan menarik bagi anak. Ini disebabkan karena terbatasnya media pembelajaran yang tersedia di sekolah. Untuk itu diperlukan perencanaan yang baik agar hasil belajar anak disesuaikan dengan tujuan yang akan dicapai

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berhitung anak, konsep angka dan bilangan, pendekatan kualitatif, taman kanak-kanak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 05 Aug 2025 07:43
Last Modified: 05 Aug 2025 07:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20414

Actions (login required)

View Item
View Item