Hasnita, Bayu (2016) Peningkatan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok dengan Metode Problem Solving di Kelas V SDN 22 Kampung Luar Salido Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_BAYU_HASNITA_07685_443_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_BAYU_HASNITA_07685_443_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_BAYU_HASNITA_07685_443_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar soal cerita volume bangun ruang kubus dan balok di kelas V SDN 22 Kampung Luar Salido Pesisir Selatan. Hal ini terjadi karena guru belum mengajak siswa memahami masalah sehingga siswa tidak dapat membuat diketahui dan ditanyakan oleh soal cerita. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti memperbaiki proses pembelajaran soal cerita volume bangun ruang kubus dan balok melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan metode problem solving. Tujuannya adalah mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan problem solving polya pada pembelajaran soal cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan antara peneliti dan observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD terteliti yang berjumlah 20 orang. Hasil Penelitian pada perencanaan pembeajaran siklus I nilai rata-rata 80,36% dan siklus II 85,71%. Pada pelaksanaan aspek guru siklus I nilai ratarata 75% dan siklus II 89,29%, sedangkan aspek siswa siklus I nilai rata-rata 75% dan siklus II 89,29%. Hasil belajar siswa siklus I nilai rata-rata kognitif 79,05% dan siklus II 84,9%. Penggunaan metode polya dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita volume bangun ruang kubus dan balok pada siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok, Metode Problem Solving |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 07:10 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20369 |