Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Bermain Peran di TK Pembina Kecamatan Kubung Kabupaten Solok

Lasmayeni, Lasmayeni (2012) Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Bermain Peran di TK Pembina Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_LASMAYENI_51216_262_2012.pdf] Text
final_B1_7_LASMAYENI_51216_262_2012.pdf

Download (331kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan berkomunikasi anak belum berkembang secara optimal, kurang menariknya alat peraga yang dibuat guru, strategi dan metode pembelajaran berbahasa anak belum meningkat. Salah satu upaya yang diperkirakan dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak yaitu melalui metode bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak kelompok B1 di TK Pembina Kecamatan Kubung.
Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak TK Pembina Kecamatan Kubung Kabupaten Solok pada kelompok B1 yang berjumlah 20 orang anak pada tahun ajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, RKH dan dokumentasi dan format hasil penilaian anak selanjutnya diolah dengan teknik persentase.
Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I kemampu an berbahasa anak pada umumnya masih terlihat kurang baik sesuai dengan persentase tingkat keberhasilan dan dilanjutkan pada suiklus II kemampuan berbahasa anak menjadi lebih meningkat serta menunjukkan hasil yang positif, terlihat dari persentase tingkat keberhasilan untuk setiap indikatornya, sehingga hasil rata-rata tingkat keberhasilan anak melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari siklus I ke siklus II sudah mengalami peningkatan yang cukup berarti, hal ini membuktikan bahwa bermain dengan metode bermain peran terbukti dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak TK Pembina Kecamatan Kubung Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berkomunikasi Anak, Metode Bermain Peran, TK Pembina
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 04 Aug 2025 09:51
Last Modified: 04 Aug 2025 09:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20364

Actions (login required)

View Item
View Item