Hubungan Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 4 Padang

Rahmi, Suci Audina (2018) Hubungan Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_SUCI_AUDINA_RAHMI_1301184_1503_2018.pdf] Text
final_B1_06_SUCI_AUDINA_RAHMI_1301184_1503_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan hubungan minat dengan hasil belajar seni tari di SMP N 4 Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional (hubungan). Penelitian korelasional dimaksudkan untuk meneliti ada tidaknya hubungan minat siswa terhadap hasil belajar seni tari siswa kelas VIII SMP N 4 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 4 Padang yang berjumlah 220 siswa, sedangkan sampel penelitian adalah 69 orang siswa kelas VIII SMP N 4Padang yang di ambil secara random. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data berupa angket penelitian dan hasil belajar siswa pada semester Ganjil (1) tahun ajaran 2017/2018.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang berarti antara minat siswa terhadap hasil. Dengan nilai rhitung 0,628 dan rtabel .0,237 dalamtarafsignifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa rhitung besar dari rtabel sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat hubungan yang signifikan antara minat dan hasil belajar seni tari siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hubungan, minat, senitari.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 04 Aug 2025 09:50
Last Modified: 04 Aug 2025 09:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20357

Actions (login required)

View Item
View Item