Srizanova, Srizanova (2017) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD Negeri 23 Marapalam Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_SRIZANOVA_93715_262_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_SRIZANOVA_93715_262_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_SRIZANOVA_93715_262_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA belum sesuai dengan tujuan pembelajaran IPA yang di harapkan. Guru kurang berpedoman dengan RPP yang telah dibuat, pembelajaran kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya. Selain itu dalam mengajarkan materi IPA guru hanya terpaku pada buku paket saja. Pembelajaran seperti ini tentu tidak dapat mencapai tujuan seperti yang diharapkan dalam pembelajaran IPA.Disamping itu KKM dalam pembelajaran IPA belum tercapai. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan dari hasil pengamatan dan hasil tes. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme. Subjek penelitian adalah guru (observer), peneliti dan siswa kelas IV sebanyak 20 orang.
Hasil penelitian terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Dalam hal itu terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,7 dengan kriteria cukup dan meningkat menjadi 80,1 dengan Kriteria sangat baik. Hal ini dibuktikan pada hasil perencanaan rancangan pembelajaran pada siklus I 73% dan meningkat pada siklus II 92%. Dalam pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat dari 69,5% pada siklus I menjadi 89,5% pada siklus II. Untuk aktivitas siswa juga meningkat dari 69,5%pada siklus I menjadi 89,5% pada siklus II. Berarti, pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 23 Marapalam kecamatan Padang Timur Kota Padang..Hasil penelitian terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Dalam hal itu terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,7 dengan kriteria cukup dan meningkat menjadi 80,1 dengan Kriteria sangat baik. Hal ini dibuktikan pada hasil perencanaan rancangan pembelajaran pada siklus I 73% dan meningkat pada siklus II 92%. Dalam pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat dari 69,5% pada siklus I menjadi 89,5% pada siklus II. Untuk aktivitas siswa juga meningkat dari 69,5%pada siklus I menjadi 89,5% pada siklus II. Berarti, pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 23 Marapalam kecamatan Padang Timur Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan hasil belajar, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), Pendekatan konstruktivisme. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 09:37 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 09:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20336 |