Sari, Laila Purnama (2013) Pengaruh Metode Sintesa Terhadap Perkembangan Membaca Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 12 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_LAILA_PURNAMA_SARI_01468_4115_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_LAILA_PURNAMA_SARI_01468_4115_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_LAILA_PURNAMA_SARI_01468_4115_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa masih kurangnya penggunaan metode pembelajaran membaca yang digunakan guru di sekolah, Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran monoton sehingga tidak menarik minat baca anak. Agar perkembangan membaca anak dapat dikembangkan dengan optimal, maka dicobakan menggunakan metode sintesa dalam pembelajaran. Untuk melihat tindakan ini berhasil, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh penggunaan metode sintesa terhadap perkembangan membaca anak usia dini di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 12 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quashi eksperimen. Populasi adalah anak Taman Kanak- kanak Kemala Bhayangkari 12 Pariaman tahun ajaran 2012/ 2013 dengan sampel diambil secara clutser Sampling sebanyak dua kelompok yaitu kelompok B2 kelas eksperimen dan B3 kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan uji t- test yang sebelumnya data diuji normalitas dan uji homogenitas menggunakan uji F dengan membagi varians terbesar dibagi varians terkecil.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunaan metode sintesa untuk kelas eksperimen hasil belajarnya lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar anak kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional (thitung > ttabel ). Sehingga dengan menggunakan metode sintesa, anak lebih mudah memahami pengenalan huruf dan tulisan untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia dini di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 12 Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Sintesa, Perkembangan Membaca Anak, Anak Usia, Dini, TK Kemala Bhayangkari |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 09:37 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 09:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20335 |