Efektivitas Penggunaan Media Roda Kata terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak - kanak Negeri Pembina Bukittinggi

Julita, Kurnia (2011) Efektivitas Penggunaan Media Roda Kata terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak - kanak Negeri Pembina Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_KURNIA_JULITA_1105755_137_2015 MSL.pdf] Text
final_B1_7_KURNIA_JULITA_1105755_137_2015 MSL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Bukittinggi. Kurangnya kemampuan membaca anak di Taman kanak- kanak Negeri Pembina Bukittinggi. Hal tersebut ditunjukan dengan masih adanya anak-anak yang tidak mengenal huruf, masih ada anak-anak yang tidak bisa merangkai huruf menjadi kata, kurang mampunya anak menghubungkan kata dangan gambar, dan anak kurang mampu membedakan huruf vokal dan konsonan. Sehingga menyebabkan kurangnya kemampuan anak untuk memahami isi bacaan. Kondisi tersebut perlu dicarikan solusinya antara lain dengan penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan media yang variatif. Sehingga dapat dilakukan penelitian tentang “Efektivitas Penggunaan Media Roda Kata Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Bukittinggi.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifkah media roda kata terhadap kemampuan membaca awal anak di taman kanak-kanak negeri pembina bukittinggi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah anak Taman Kanak-kanak Negeri Pembina bukittinggi yang terbagi dalam 4 kelompok belajar dan teknik pengambilan sampelnya cluster sampling, yaitu kelompok B1 dan kelompok B2 masing- masingnya berjumlah 18 orang anak. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 6 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t- test).
Hasil penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimen yang menggunakan roda kata memiliki nilai rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak pada kelas kontrol yang menggunakan kartu kata. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh ݐ୦୧୲୳୬୥ lebih besar dari pada ݐ୲ୟୠୣ୪ , menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan roda kata efektif untuk mengembangkan kemampuan membaca awal anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Bukittinggi semester dua pada tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Roda Kata, Kemampuan Membaca Awal, TK Pembina Bukittinggi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:08
Last Modified: 04 Aug 2025 08:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20306

Actions (login required)

View Item
View Item