Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SDN No. 16 Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman

Sri, Wahyuni (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SDN No. 16 Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_SRI_WAHYUNI_07566_6430_2013.pdf] Text
final_B1_06_SRI_WAHYUNI_07566_6430_2013.pdf

Download (840kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dilatar belakangi dari kesulitan siswa darimana harus memulai menulis deskripsi, mereka tidak tahu bagaimana mengorganisasi ide/gagasan nya menjadi sebuah tulisan, tidak mampu menyusun kerangka tulisan dan mengembangkannya menjadi sebuah tulisan.Selain itu siswa tidak mampu menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dalam menulis deskripsi, kelemahan juga terlihat pada penggunaan huruf kapital, tanda baca dan EYD yang tidak sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas V SDN No 16 Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif . Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V SDN No 16 Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian dilakukan empat tahap yaitu : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan dan 4) refleksi.Penelitian ini menggunakan lembaran observasi untuk melihat peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa . Data penelitian ini berupa informasi tentang peningkatan kemampuan menulis deskripsi pada tahap prapenulisan, penulisan dan pascapenulisan. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi dengan pendekatan CTL di kelas V SDN No16 Batang Gasan Padang Pariaman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis deskripsi siswa mengalami peningkatan, pada siklus I sebagian besar siswa masih kurang mampu menulis deskripsi sehingga dilakukan bimbingan kepada siswa pada masing-masing langkah pembelajaran dengan pendekatan CTL. Pada siklus II siswa sudah mampu menulis deskripsi, sehingga nilai rata-rata menulis deskripsi siswa mengalami peningkatan dari hasil rata-rata tahap prapenulisan pada siklus I 56.80 menjadi 85.90 pada siklus II, tahap penulisan pada siklus I 57 menjadi 88.30 pada siklus II, tahap pasca penulisan pada siklus I 67.50 menjadi 85 pada siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan CTL meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas V SDN No 16 Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis, Teks deskripsi, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:04
Last Modified: 04 Aug 2025 08:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20301

Actions (login required)

View Item
View Item