Mulyani, Elza (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 08 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ELZA_MULYANI_11866_5771_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_ELZA_MULYANI_11866_5771_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ELZA_MULYANI_11866_5771_2013.pdf
Download (785kB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang berpusat kepada guru dan dalam pembelajaran siswa hanya menerima materi dari guru tanpa memberi kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan potensi dan pengetahuan yang dimilikinya. Akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) dengan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN 08 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan non-tes. Penelitian dilaksanakan di SDN 08 Padang Besi dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Alur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil penilaian perencanaan siklus I 81,25% dan siklus II 95,83%, aktivitas guru siklus I 72,50% dan siklus II 95,00%, aktivitas siswa siklus I 76,25% dan siklus II 97,50%. Hasil belajar siswa siklus I mencapai nilai rata-rata kelas 70,44 dengan persentase ketuntasan belajar 57,14% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 82,53 dengan persentase ketuntasan belajar 96,43% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 08 Padang Besi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPS, PBL, hasil belajar, model pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:29 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 08:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20299 |