Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Menggunakan Model Picture and Picture di Kelas IV SDN 16 Tigo Alua Kecamatan Canduang

Sri, Wahyu Lestari (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Menggunakan Model Picture and Picture di Kelas IV SDN 16 Tigo Alua Kecamatan Canduang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_SRI_WAHYU_LESTARI_56843_3425_2017.pdf] Text
final_B1_06_SRI_WAHYU_LESTARI_56843_3425_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa pembelajaran masih sering didominasi guru sebagai sumber belajar dan proses pembelajaran yang dilakukan guru belum melibatkan siswa. Hal ini menyebabkan hasil belajar IPS siswa rendah. Salah satu model yang dapat digunakan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah model picture and picture. Masalah penelitian adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model picture and picture di kelas IV SDN 16 Tigo Alua Kecamatan Canduang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan model Picture adn Picture di kelas IV SDN 16 Tigo Alua Kecamatan Canduang.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitiannya guru dan siswa kelas IV SDN 16 Tigo Alua tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dilakukan dalam dua siklus penelitian. Untuk pengumpulan data, diperoleh setelah melaksanakan: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan dengan tahap-tahap model picture and picture, 3) pengamatan pelaksanaan, dan 4) refleksi. Data diperoleh melalui observasi ditampilkan dalam persentase kemudian dikonversikan menjadi data kualitatif.
Hasil penelitian pada pembelajaran IPS dengan model picture and picture menunjukkan peningkatan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada: (1) RPP siklus I memperoleh kriteria baik dengan rata-rata 76,79% meningkat pada siklus II 89,30% dengan kriteria sangat baik, (2) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 72,23% dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 94,44% dengan kriteria sangat baik dan pada aspek siswa siklus I diperoleh rata-rata 69,45% dengan kriteria cukup, pada siklus II menjadi 88,89% dengan kriteria sangat baik, (3) Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 75,48 meningkat menjadi 85,72 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 16 Tigo Alua Kecamatan Canduang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Model Picture and Picture.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:04
Last Modified: 04 Aug 2025 08:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20296

Actions (login required)

View Item
View Item