Marni, Ely (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV SD Negeri 09 Enam Lingkung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ELY_MARNI_1209376_5813_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_ELY_MARNI_1209376_5813_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ELY_MARNI_1209376_5813_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA karena pembelajaran didominasi oleh guru dan kurang melibatkan siswa pada pembelajaran berbasis masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan model Problem Based Learning di kelas IV SD Negeri 09 Enam Lingkung.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dalam dua siklus terdiri dari empat tahap tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tes. Sumber data adalah proses pembelajaran dan hasil pelaksanaan pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru.
Hasil penelitian siklus I pada perencanaan yakni RPP diperoleh dengan rata-rata 78,57% (C), sedangkan pada siklus II tahap perencanaan RPP meningkat menjadi 92,86% (SB). Tahap pelaksanaan pada aspek guru siklus I diperoleh hasil dengan rata-rata 78,57% (C) sedangkan pada siklus II diperoleh hasil menjadi 90% (SB). Dari aspek siswa siklus I diperoleh hasil dengan rata-rata 70% (C) sedangkan pada siklus II diperoleh hasil menjadi 85% (B). Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 70,64% (C), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86,16% (B). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 09 Enam Lingkung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, IPA, Problem Based Learning, berbasis masalah, RPP, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:01 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20267 |