Nia Elfiza, Wahida (2015) Pengembangan Bahan Ajar dalam .Bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS)Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Stoikiometri untuk Pembelajaran Kimia Kelas X Tingkat SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_WAHIDA_NIA_ELFIZA_1101458_4288_2015.pdf [thumbnail of final_B1_7_WAHIDA_NIA_ELFIZA_1101458_4288_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_WAHIDA_NIA_ELFIZA_1101458_4288_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Proses pembelajaran kimia berdasarkan kurikulum 2013 lebih menekankan pada kemampuan siswa maka diharapkan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Untuk itu diperlukan bahan ajar pembelajaran yang menekankan pada proses sehingga dapat membantu siswa untuk aktif dan mengembangkan kemampuan berpikirnya serta meningkatkan peran guru sebagai fasilitator dan motivator. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing pada materi stoikiometri kelas X tingkat SMA/MA yang mampu membimbing siswa membangun konsep dan mengembangkan kemampuan berpikirnya serta menguji validitas dan praktikalitas dari bahan ajar yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Developmend (R&D) yaitu penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Pada penelitian ini menggunakan model 4-D yang dibatasi sampai uji validitas dan praktikalitas. Validasi dilakukan oleh validator yaitu guru kimia SMA dan dosen kimia FMIPA UNP dengan menggunakan lembar validasi sedangkan untuk menentukan praktikalitas diperoleh berdasarkan hasil analisis pada lembar praktikalitas yang diisi oleh guru kimia SMA dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan momen kappa (k). Berdasarkan analisis lembar validasi, diperoleh nilai validitas 0,84 dengan kategori sangat tinggi sedangkan nilai praktikalitas LKS berdasarkan hasil analisis lembar praktikalitas oleh guru dan siswa diperoleh nilai masing-masing 0,88 dan 0.90 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan data tersebut maka dinyatakan bahwa LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi stoikiometri valid dan praktis sehingga dapat dijadikan sebagai bahan ajar alternatif dalam proses pembelajaran kimia
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri terbimbing, LKS pada materi stoikiometri,Uji validitas dan praktikalitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:01 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20263 |