Perbedaan Hasil Belajar Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun Datar Segi Empat Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pembelajaran Konvensional di Kelas V SDN 13 Batu Gadang Kota Padang

Sri, Rahayu Octami (2017) Perbedaan Hasil Belajar Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun Datar Segi Empat Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pembelajaran Konvensional di Kelas V SDN 13 Batu Gadang Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_SRI_RAHAYU_OCTAMI_1304948_3699_2017.pdf] Text
final_B1_06_SRI_RAHAYU_OCTAMI_1304948_3699_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pembelajaran konvensional di kelas V SDN 13 Batu Gadang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental-semu (quasi- experimental). Desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas V SD Negeri 13 Batu Gadang. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh kelas VB sebagai kelas kontrol dan kelas VC sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pembelajaran konvensional di kelas V SDN 13 Batu Gadang. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) thitung 2,2113 > ttabel 1,6765. Hasil belajar mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar kelompok kontrol, ditunjukkan dari nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen 81,60 dan nilai rata-rata postest kelompok kontrol 73,65.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perbedaan hasil belajar, model jigsaw, pembelajaran konvensional.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:38
Last Modified: 04 Aug 2025 07:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20250

Actions (login required)

View Item
View Item