Risya, Elwidila (2016) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Penjumlahan Pecahan Melalui Pendekatan Kooperatif Learning Tipe STAD bagi Siswa Kelas V SDN 14 Sintuk Toboh Gadang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ELWIDILA_RISYA_09734_6754_2017.pdf [thumbnail of final_B1_6_ELWIDILA_RISYA_09734_6754_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ELWIDILA_RISYA_09734_6754_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari temuan di lapangan yang menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas V lebih rendah dibandingkan mata pelajaran lain. Hal ini disebabkan pembelajaran kurang bermakna bagi siswa karena kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru sebagai satu-satunya sumber belajar. Ditambah lagi guru kurang menggunakan pendekatan pembelajaran sehingga hasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kenyataan ini mengakibatkan siswa masih bersifat pasif dan belum dijadikan subjek belajar. Dampak dari semua ini menyebabkan kurangnya semangat belajar siswa serta rendahnya hasil belaja rsiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar soal cerita penjumlahan pecahan dengan menggunakan pendekatan kooperatif learning tipe STAD bagi siswa kelas V SDN 14 SintukTobohGadang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus satu dua kali pertemuan dan siklus dua satu kali pertemuan dengan tahap-tahap penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN.14 Sintuk Toboh Gadang.
Rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I 80,35 dan siklus II 85. Hasil pengamatan pelaksanaan siklus I aspek guru 78,70 dan aspek siswa 76,91. Sedangkan siklus II aspek guru 89,28, dan aspek siswa 89,28. Hasil belajar siklusI 67, dan siklus II 79,70. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar soal cerita penjumlahan pecahan melalui pendekatan kooperatif learning tipe STAD bagi siswa kelas V SDN 14 Sintuk Toboh Gadang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika, pecahan, soal cerita, kooperatif, tipe STAD, pembelajaran, tindakan, hasil belajar, refleksi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:00 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20246 |