Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Snowball Throwing di Kelas IV SDN 19 Painan Selatan

Sri, Novia Isyah (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Snowball Throwing di Kelas IV SDN 19 Painan Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_SRI_NOVIA_ISYAH_1200683_4011_2017.pdf] Text
final_B1_06_SRI_NOVIA_ISYAH_1200683_4011_2017.pdf

Download (924kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS masih rendah karena guru masih kurang mewujudkan pembelajaran yang penuh dengan antusias dan kecerian siswa dalam belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model Snowball Throwing di kelas IV SDN 19 Painan Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang terdaftar pada semester II tahun ajaran 2016/2017. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian adalah proses pembelajaran IPS di kelas IV SDN 19 Painan Selatan.
Hasil penelitian menunjukkan a) perencanaan pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 80,35% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus 2 menjadi 92,86% dengan kualifikasi sangat baik, b) pelaksanaan pembelajaran IPS dari aspek guru pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 80,55% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus 2 menjadi 94,44% dengan kualifikasi sangat baik, pada aspek siswa siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 77,77% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus 2 menjadi 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, c) hasil belajar siswa pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 72,31 dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus 2 menjadi 87,87 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 19 Painan Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, Pembelajaran IPS, Model Snowball Throwing.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:34
Last Modified: 04 Aug 2025 07:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20225

Actions (login required)

View Item
View Item