Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SDN 21 Limau Sundai Batang Kapas

Sri, Narti (2018) Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SDN 21 Limau Sundai Batang Kapas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_SRI_NARTI_57021_922_2018.pdf] Text
final_B1_06_SRI_NARTI_57021_922_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa sering meribut dan kurang mendengarkan guru pada saat menerangkan pelajaran, kebiasaan guru menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas, siswa dituntut untuk menghafal rumus yang sudah ada tanpa tahu cara menemukan rumus tersebut, serta guru belum memberdayakan dinamika kelompok dalam bentuk kelompok belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar luas bangun datar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 21 Limau Sundai Batang Kapas.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) Perencanaan siklus I pertemuan 1 dan 2 diperoleh rata – rata nilai 67,85% kualifikasi cukup, siklus II diperoleh nilai 89.28% kualifikasi sangat baik) b) pelaksanaan (guru) siklus I pertemuan 1 dan 2 dengan rata – rata nilai 70% kualifikasi baik, dan siklus II diperoleh nilai 95% kualifikasi sangat baik, (siswa) siklus I pertemuan 1 dan 2 rata- rata nilai 67,5 % kualifikasi cukup, dan siklus II diperoleh nilai 90% kualifikasi sangat baik) c) Hasil belajar siklus I dari pertemuan 1 dan 2 aspek kognitif, afektif dan psikomotor didapatkan rata – rata nilai 70 % kualifikasi baik, dan siklus II 80.41 % kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar luas bangun datar di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Luas bangun datar, Model pembelajaran kooperatif.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:16
Last Modified: 04 Aug 2025 07:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20220

Actions (login required)

View Item
View Item