Ananda Putra, Wahyu (2021) Pengembangan Jobsheet Mata Pelajaran NC/CNC dan CAM Berbasis Produk. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_WAHYU_ANANDA_PUTRA_17067130_5203_2021.pdf [thumbnail of final_B1_7_WAHYU_ANANDA_PUTRA_17067130_5203_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_WAHYU_ANANDA_PUTRA_17067130_5203_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pengembangan media pembelajaran yang baik dapat memotivasi dan membuat siswa lebih giat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran jobsheet berbasis produk dan mengetahui keefektifan penggunaan jobsheet pada mata pelajaran NC/CNC dan CAM di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Tahap pengembangan jobsheet berbasis produk meliputi: Tahap Analysis (Analisis), Tahap Design (Perencanaan), Tahap Development (Pengembangan), Tahap Implementation (Implementasi) dan Tahap Evaluation (Evaluasi). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, angket (kuesioner) dan soal (pretest-posttest). Teknik analisis data yang dilakukan dengan statistik deskriptif yaitu menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berupa jobsheet berbasis produk pada mata pelajaran NC/CNC dan CAM untuk siswa kelas XI SMK Negeri 2 Payakumbuh. Jobsheet secara keseluruhan dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar mandiri bagi siswa, atas dasar penilaian validitas dari ahli materi 0,846 dan ahli media 0,890 dengan kriteria valid. Uji praktikalitas jobsheet ini memperoleh 88,18% dari hasil angket penilaian guru dan 83,7% dari rata-rata hasil angket penilaian siswa, sehingga jobsheet berbasis produk ini masuk dalam kategori sangat praktis. Uji efektivitas jobsheet berbasis produk ini memperoleh nilai rata rata posttest sebesar 81,06 yang lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 56,93, sehingga dapat disimpulkan bahwa jobsheet berbasis produk efektif digunakan dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Jobsheet, Validitas, Praktikalitas, Efektivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LT Textbooks T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:32 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20212 |