Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKN Menggunakan Model Cooperative Learning Kepala Bernomor Terstruktur (KBT) di Kelas V SDN 07 Sungai Tawar Kab. Pesisir Selatan

Elvina, Elvina (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKN Menggunakan Model Cooperative Learning Kepala Bernomor Terstruktur (KBT) di Kelas V SDN 07 Sungai Tawar Kab. Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELVINA_1207370_5453_2016.pdf] Text
final_B1_6_ELVINA_1207370_5453_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran PKn masih berpusat pada guru, sehinggga siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dan hasil belajar siswa pun rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan modelCooperative Learning Kepala Bernomor Terstruktur (KBT).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang mana siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 20 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menggambarkan peningkatan: (1) Perencanaan pembelajaran pada siklus I dengan rata-rata 71,5% (c) dan meningkat pada siklus II menjadi 89,5% (b) (2) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru pada siklus I 72,5% (c) dan meningkat pada siklus II menjadi 89,5% (b) dan pelaksanaan pembelajaran dari aspek siswa pada siklus I 71% (c) dan meningkat pada siklus II menjadi 91% (a) serta (3) Hasil belajar pada siklus I dari rata-rata 64,6 (c) menjadi pada siklus II rata-rata 81,1 (b). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model Cooperative Learning Kepala Bernomor Terstruktur (KBT) dapat meningkatkan hasil belajar PKn disekolah dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PKn, model KBT, cooperative learning, hasil belajar, pembelajaran aktif, tindakan kelas, motivasi. PKn, model KBT, cooperative learning, hasil belajar, siswa sekolah dasar, pembelajaran aktif, penelitian tindakan kelas, peningkatan motivasi Ask ChatGPT
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:13
Last Modified: 04 Aug 2025 07:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20205

Actions (login required)

View Item
View Item