Atris, Atris (2012) Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Motivasi Pembelian Konsumen pada Produk Yakult di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_OLEH_ATRIS_11489_6773_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_OLEH_ATRIS_11489_6773_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_OLEH_ATRIS_11489_6773_2012.pdf
Download (710kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) Variabel bauran pemasan mana (produk, harga, promosi atau distribusi) yang paling mempengaruhi motivasi pembelian produk Yakul toleh masyarakat di kota Padang. 2) Pengaruh produk terhadap motivasi pembelian produk Yakult oleh masyarakat kota Padang. 3) Pengaruh harga terhadap motivasi pembelian produk Yakult oleh masyarakat kota Padang. 4) Pengaruh promosi terhadap motivasi pembelian produk Yakult oleh masyarakat kota Padang. 5) Pengaruh distribusi terhadap motivasi pembelian produk Yakult oleh masyarakat kota Padang. Jenis penelitian ini tergolong pada penelitian kausatif yaitu penelitian yang mengidentifikasi pengaruh dari suatu variabel terhadap variabel lain. Populasi dari penelitian ini tidak diketahui. Jumlah sampel adalah 204 orang responden, namun karena pembulatan bilangan jumlah sampel naik menjadi 206 orang dan teknik pemilihan sampel dilakukan dengan cara two stage area sampling. teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis deskriptif dan analisis induktif dengan menggunakan teknik analisis jalur. Hipotesis diuji dengan uji F dan uji t pada α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel produk, pengaruh langsung sebesar 0.057% dan pengaruh tidak langsung sebesar 0.604%. (2) variabel harga, pengaruh langsung sebesar 0. 9025% dan pengaruh tidak langsung sebesar 1.71111%. (3) variabel promosi, pengaruh langsung sebesar 6.71% dan pengaruh tidak langsung sebesar 3.88%. (4) variabel distribusi, pengaruh langsung sebesar 15.84% dan pengaruh tidak langsung sebesar 3.769%. (5) pengaruh lainnya sebesar 71,15%. Namun berdasarkan hasil uji t varabel produk dan harga tidak signifikan mempengaruhi motivasi pembelian, dimana t hitung untuk variabel produk sebesar 0.361, dan hasil t hitung untuk harga sebesar -1.231. Maka di lanjutkan ke analisis selanjutnya. Di mana hhasil penelitian menunjukan (1) variabel promosi, pengaruh langsung sebesar 4.92% dan pengaruh tidak langsung sebesar 4.13%. (2) variabel distribusi, pengaruh langsung sebesar 14.74% dan pengaruh tidak langsung sebesar 4.13%. (3) pengaruh lainnya sebesar 72%. Sebagai saran bagi perusahaan, pendistribusian perlu tetap ditingkatkan guna mempertahankan dan menarik banyak konsumen Yakult, begitu pula dengan promosi harus lebih ditingkatkan. Perusahaan juga harus memperkuat produk guna memenciptakan motivasi pembelian bagi konsumen. Penetapan harga sebaiknya Yakult tetap berhati-hati, bila harga naik atau sedikit mahal dari pada produk pesaing maka konsumen akan berpikir-pikir untuk membeli produk Yakult.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, Motivasi Pembelian, Yakult |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1 |
Depositing User: | Putra Albestin |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20202 |