Sri, Ayu Permata Sari (2016) Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Partisipasi Publik terhadap Kinerja Organisasi Layanan Publik: Studi Empiris Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_SRI_AYU_PERMATA_SARI_00387_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_SRI_AYU_PERMATA_SARI_00387_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_SRI_AYU_PERMATA_SARI_00387_2017.pdf
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh: (1) akuntabilitas terhadap kinerja organisasi layanan publik, (2) transparansi terhadap kinerja organisasi layanan publik, (3) partisipasi publik terhadap kinerja organisasi layanan publik.
Jenis penelitian ini digolongkan kepada penelitian kausalitas. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat pengguna layanan di dinas penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu satu pintu kota padang. Sampel ditentukan berdasarkan metode conviniences sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari masyarakat menggunakan daftar pertanyaan dalam bentuk kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) akuntabilitas berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja organisasi layanan publik. Berdasarkan tabel 18 diketahui bahwa akuntabilitas nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan koefisien β adalah 0,745. Hal ini menunjukkan bahwa akuntabilitas berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja organisasi layanan publik. sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. (2) transparansi berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja organisasi layanan publik. Berdasarkan tabel 18 diketahui bahwa transparansi memiliki nilai sig. 0,047< 0,05 dengan koefisien β adalah 0,117. Hal ini menunjukkan bahwa transparansi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja organisasi layanan publik.Ini berarti H2 diterima. (3) partisipasi publik berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja organisasi layanan publik. Berdasarkan tabel 18 diketahui bahwa partisipasi publik memiliki nilai sig. 0,013< 0,05 dengan koefisien β adalah 0,545. Hal ini menunjukkan bahwa transparansi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja organisasi layanan publik.Ini berarti H3 diterima. Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa akuntabilitas, transparansi dan partisipasi publik berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja organisasi layanan publik.
Penelitian ini menyarankan agar semua pihak yang ada dalam suatu instansi menyadari pentingnya mewujudkan kinerja organisasi layanan publik. Diharapkan juga pada semua instansi agar dapat mengambil langkah perbaikan dalam meningkatkan akuntabilitas, transparansi, partisipasi publik yang mendukung sepenuhnya kinerja organisasi layanan. Bagi peneliti lain yang tertarik untuk meneliti judul yang sama, maka peneliti menyarankan agar dapat meneliti di badan penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu di Sumatera Barat, atau meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi layanan publik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akuntabilitas, Transparansi, Partisipasi publik. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 06:07 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 06:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20124 |