Kenjanarti, Kenjanarti (2012) Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Konsep Angka Melalui Permainan Hujan Kartu Angka di Taman Kanak- Kanak Islam Bakti 78 Bangun Rejo Kinali. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_KENJANARTI_58567_3935_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_KENJANARTI_58567_3935_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_KENJANARTI_58567_3935_2012.pdf
Download (888kB)
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas Yang dilatarbelakangi oleh kesulitan anak terhadap pemahaman konsep angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep angka, meningkatkan kemampuan anak dalam memahami bentuk angka, dan meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal urutan angka.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Subjek penelitian adalah peserta didik TK IB 78 Bangun Rejo kelompok B 2 yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk teknik analisis data dilaksanakan dengan persentase dari tindakan yang dilakukan pada permainan hujan kartu angka.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua (2) siklus dengan langkah – langkahnya yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pelaksanaan tindakan dipersiapkan Rencana Kegiatan Harian, Media dan Alat pembelajaran serta lembar observasi.
Dapat disimpulkan bahwa terjadi perubahan yang peningkatan pemahaman terhadap konsep angka melalui permainan hujan kartu angka di TK IB 78 Bangun Rejo Kecamatan Kinali. Sebelum tindakan kemampuan anak dalam mengenal konsep angka masih rendah, setelah tindakan mengalami peningkatan pemahaman anak terhadap konsep angka.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengenal Konsep Angka, Permainan Hujan Kartu Angka, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), TK Islam Bakti. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 06:05 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 06:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20108 |