Akmar, Fiola Asri Fatikha (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Media Video di Kelas III UPT SDN 14 Paninjauan Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_FIOLA_ASRI_FATIKHA_AKMAR_17129138_4649_2021.pdf [thumbnail of final_B1_06_FIOLA_ASRI_FATIKHA_AKMAR_17129138_4649_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_FIOLA_ASRI_FATIKHA_AKMAR_17129138_4649_2021.pdf
Download (884kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan yang dilakukan di sekolah,
dimana pembelajaran masih berpusat pada guru serta guru kurang menggunakan media yang
bervariasi dan kurang menarik perhatian peserta didik sehingga peserta didik kurang
memperhatikan dan hanya diam selama proses pembelajaran berlangsung. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran
tematik terpadu dengan menggunakan media video.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif
dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2020/2021 di kelas
III UPT SDN 14 Paninjauan Kabupaten Tanah Datar. Subjek penelitian yaitu peserta didik
kelas III sebanyak 13 orang, terdiri dari 6 orang laki-laki dan 7 orang perempuan, peneliti
berperan sebagai praktisi dan guru kelas sebagai observer. Penelitian dilakukan sebanyak 2
siklus. Siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, dengan hasil penilaian RPP pada
siklus I menunjukkan nilai rata-rata 88,63% dengan kualifikasi baik (B), pada siklus II
menjadi 95,45% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Penilaian aktivitas guru pada siklus I
menunjukkan nilai rata-rata 78,12%, dengan kualifikasi cukup (C) pada siklus II menjadi
96,87% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Penilaian aktivitas peserta didik pada siklus I
menunjukkan nilai rata-rata 78,12% dengan kualifikasi cukup (C), pada siklus II menjadi
93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Penilaian hasil belajar peserta didik pada siklus
I menunjukkan 66,5 dengan kualifikasi kurang (K), pada siklus II menjadi 86,67 dengan
kualifikasi baik (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media
video dalam pembelajaran tematik terpadu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
kelas III UPT SDN 14 Paninjauan Kabupaten Tanah Datar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 09:35 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 09:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20103 |