Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Talking Stick di Kelas IV SDN 19 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Susanti, Elva (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Talking Stick di Kelas IV SDN 19 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELVA_SUSANTI_56690_133_2016.pdf] Text
final_B1_6_ELVA_SUSANTI_56690_133_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini disebabkan oleh guru belum menjelaskan materi dengan rinci atau belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca materi secara menyeluruh dan belum memberikan pembelajaran yang menantang siswa dalam proses pembelajaran. Akibatnya siswa kurang aktif dan kurang berpartisipasi dalam belajar, siswa kurang bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas, siswa kurang percaya diri dalam mengemukakan ide sehingga hasil belajar IPS menjadi rendah. Untuk mengatasinya diperlukan pembelajaran yang menarik dan bervariasi, salah satunya adalah pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Talking Stick.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus 3 kali pertemuan. Data penelitian berupa hasil pengamatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPS, Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD terteliti. Prosedur penelitian ada empat tahap yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi.
Hasil analis perencanaan siklus I adalah 87,49, mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan 92,85. Hasil pengamatan pelaksanaan kegiatan guru siklus I diperoleh 83,32 dan pada siklus II menjadi 91,66. Hasil pengamatan pelaksanaan kegiatan siswa siklus I diperoleh 74,99 dan siklus II menjadi 91,66. Hasil penilaian belajar IPS siswa pada siklus I rata-rata yang diperoleh 70,89. Pada siklus II adalah 93,24. Jadi hasil belajar siswa dari sebelum melaksanakan penelitian sampai siklus I ke siklus II sudah terlihat meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran IPS melalui Model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPS, Model Talking Stick, hasil belajar, partisipasi, peningkatan, siklus penbelajaran.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:27
Last Modified: 04 Aug 2025 05:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20079

Actions (login required)

View Item
View Item