Kasnizarti, Kasnizarti (2011) Pengenalan Konsep Bilangan Ganjil Genap Melalui Permainan Angka dan Gambar di Taman Kanak-Kanak Tuan Khadi IV Padang Ganting. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_KASNIZARTI_51201_53_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_KASNIZARTI_51201_53_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_KASNIZARTI_51201_53_2012.pdf
Download (818kB)
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilatarbelakangi oleh kesulitan anak dalam mengenal konsep ganjil genap. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan perkembangan kognitif anak dengan menggunakan permainan kartu angka dengan gambar. Penelitian ini dilakukan dua siklus dalam enam kali pertemuan pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 di TK Tuan Kadhi IV Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. Subjek penelitian ini adalah anak Taman Kanak-kanak yang berjumlah 20 orang .
Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Perencanaan meliputi perencanaan yang dilakukan sebelum tindakan dilaksanakan seperti menyiapkan RKM, bahan ajar, media, dan penelitian. Pelaksanaan tindakan dilakukan dengan menggunakan permainan kartu angka dengan gambar. Observasi dilakukan dengan menggunakan lembar observasi.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan bahwa adanya peningkatan perkembangan kognitif dan siklus I yang pada umumnya masih terlihat rencah. Pada siklus I peningkatan tingkat keberhasilan dan dilanjutkan pada siklus II peningkatan kognitif anak menjadi lebih meningkat serta menunjukkan hasil yang positif, pencapaian persentase tingkat keberhasilan anak meningkat, sehingga hasil rata-rata tingkat keberhasilan dan anak melebihi kriteria ketuntasan KKM yang telah diterapkan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan perkembangan kognitif anak melalui permainan kartu angka dengan gambar, setelah dilakukan tindakan dari siklus I dan siklus II dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak Taman Kanak-kanak Tuan Kadhi Padang Ganting.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Ganjil Genap, Permainan Angka dengan Gambar, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 05:27 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 05:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20075 |