Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SD Negeri 13 Parit Putus Kecamatan Ampek Angkek

Elina, Elva (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SD Negeri 13 Parit Putus Kecamatan Ampek Angkek. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELVA_ELINA_09300_2191_2012.pdf] Text
final_B1_6_ELVA_ELINA_09300_2191_2012.pdf

Download (951kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Kelas V SD Negeri 13 Parit Putus Kecamatan Ampek Angkek, ditemukan bahwa dalam pembelajaran IPS selama ini masih berpusat pada guru. Guru cendrumg bersifat ekspositoris dan guru sentris, kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran dan sering memberikan hafalan materi, sehingga siswa menjadi pasif dan tidak kreatif serta tidak dapat berfikir kritis yang mengakibatkan rendahnya hasil berajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan pendekatan inkuiri pada siswa kelas V SD Negeri 13 Parit Putus Kecamatan Ampek Angkek.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus yang masing- masingnya dua kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa Kelas V SD Negeri 13 Parit Putus Kecamatan Ampek Angkek dan peneliti sebagai guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test, observasi dan catatan lapangan. Instrument penelitian berupa test hasil belajar, lembar observasi, dan lembar catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajat IPS siswa. Prosentase perencanaan pembelajaran pada siklus I adalah 82% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Prosentase pelaksanaan pembelajaran dari segi aktivitas guru, pada siklus I adalah 78% dan pada siklus II meningkat menjadi 88%, sedangkan dari segi aktivitas siswa, prosentasenya pada siklus I adalah 71% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Prosentase hasil belajar siswa yang mencakup aspek afektif, psikomotor, dan kognitif pada siklus I adalah 65% dan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka pendekatan inkuiri dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPS, karena dalam penerapannya siswa terlibat langsung dalam menemukan pengetahuan yang bermakna bagi dirinya yang nantinya dapat diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPS, inkuiri, hasil belajar, penelitian tindakan kelas, peningkatan belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:26
Last Modified: 04 Aug 2025 05:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20070

Actions (login required)

View Item
View Item