Pengaruh Penerapan LKS Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gunung Talang.

Amalia, Yana Dirza (2014) Pengaruh Penerapan LKS Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_YANA_DIRZA_AMALIA_54942_5869_2014.pdf] Text
B1_5_YANA_DIRZA_AMALIA_54942_5869_2014.pdf

Download (5MB)

Abstract

LKS berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah diperkirakan dapatmengoptimalkan aktivitas dan pola pikir siswa dalam proses pembelajaran.Kompetensi yang dicapai siswa akan optimal jika pembelajaran yangdilaksanakan bersifat kontekstual. Salah satu model pembelajaran yang dapatmengoptimalkan kompetensi Fisika siswa adalah Pembelajaran Berbasis Masalah.Tujuan penelitian adalah untuk menentukan kompetensi Fisika siswa danmenyelidiki pengaruh penerapan LKS berorientasi Pembelajaran BerbasisMasalah terhadap kompetensi Fisika siswa kelas X SMAN 1 Gunung Talang.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu denganRandomized Control Group Only. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPASMAN 1 Gunung Talang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2013/2014 yangterdiri dari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik PurposiveSampling. Data penelitian meliputi kompetensi dari tiga aspek yaitu aspekpengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan. Instrumen penelitian berupates hasil belajar, lembar observasi karakter untuk aspek sikap, dan lembarpenilaian kinerja untuk aspek keterampilan. Data yang diperoleh dianalisismenggunakan uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji untuk aspek pengetahuan danaspek sikap, sedangkan uji digunakan untuk aspek keterampilan.Berdasarkan analisis data dapat dikemukakan dua hasil dari penelitian ini.Pertama, kompetensi Fisika siswa dalam pembelajaran menggunakan LKSberorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk aspek pengetahun, aspek sikap,dan aspek keterampilan masing-masing 75,90, 81,50, dan 76,67. Kedua,penggunaan LKS berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah memberikanpengaruh yang berarti terhadap ketiga aspek kompetensi siswa kelas X SMAN 1Gunung Talang pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN, KOMPETENSI FISIKA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:23
Last Modified: 04 Aug 2025 05:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20039

Actions (login required)

View Item
View Item