Purniawan, Adrian (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Metoda Bermain Peran di Kelas V SD 19 Air Tawar Barat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ANDRIAN_PURNIAWAN_93712_4269_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ANDRIAN_PURNIAWAN_93712_4269_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ANDRIAN_PURNIAWAN_93712_4269_2012.pdf
Download (596kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran peserta didik hanya duduk, diam, dengar, dan mencatat materi yang disampaikan guru. Ini disebabkan karena guru kurang mampu mengembangkan metoda pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik secara optimal dalam proses pembelajaran. Akibatnya peserta didik seringkali tidak bersemangat dan merasa jenuh dalam pembelajaran. Selain itu sebahagian peserta didik takut dan malu bertanya kepada guru, jika mengalami kesulitan dalam pembelajaran mereka berdiam diri saja, sehingga hasil belajarnya rendah. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn dilakukan PTK dengan menggunakan metoda bermain peran. .Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran PKn melalui metoda bermain peran di kelas IV SDN 19 Air Tawat Barat Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Subjek peneliti terdiri dari siswa kelas IV yang berjumlah sebanyak 26 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan 1 sebagian peserta didik belum terbiasa dengan metoda bermain peran, sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada peserta didik tentang langkah-langkah metoda bermain peran. Pada pertemuan kedua peserta didik sudah mulai terbiasa dengan pembelajaran dengan metoda bermain peran, sehingga aktivitas peserta didik meningkat. Dari hasil observasi aktivitas peserta didik dari 63% siklus I pertemuan 1 menjadi 65,07% pertemuan II, pada siklus II pertemuan I 79% dan menjadi 88%. Sementara itu hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari rata-rata 69,60 pada siklus I menjadi 85,07 pada siklus II
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran PKn, Metoda Bermain Peran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 05:22 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 05:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20035 |