Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak melalui Cerita Gambar Ilustrasi di Taman Kanak-Kanak Bundo Kanduang Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman

Kartini, Kartini (2013) Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak melalui Cerita Gambar Ilustrasi di Taman Kanak-Kanak Bundo Kanduang Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_KARTINI_58623_3184_2013.pdf] Text
final_B1_7_KARTINI_58623_3184_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan bahasa di Taman Kanak-Kanak Bundo Kanduang Sungai Geringging masih rendah. Banyak anak yang belum mampu mengungkapkan pendapatnya. Permasalahannya anak belum bisa bercerita menggunakan gambar ilustrasi, anak belum bisa mendengar dan menceritakan kembali cerita yang telah ia dengar, anak belum bisa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita, anak belum bisa melanjutkan cerita yang pernah ia dengar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam menyimak cerita.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian 16 orang anak di TK Bundo Kanduang Sungai Geringging tahun ajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dua siklus. Tiap siklus dengan tiga kali pertemuan, dengan langkah penelitian: Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan renungan. Teknik pengumpulan data teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan rumus presentase.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setelah diadakan tindakan. Hal ini terbukti pada siklus I terjadi peningkatan walaupun hasilnya belum memuaskan. Dilanjut pada siklus II pertemuan ketiga mengalami pelonjakan sehingga tercapai ketuntasan minimum. Oleh karna itu, untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak sangat tepat dilakukan melalui cerita gambar ilustrasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbahasa, Cerita Gambar Ilustrasi, TK Bundo Kanduang, Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:29
Last Modified: 04 Aug 2025 04:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20022

Actions (login required)

View Item
View Item